Recent Posts

19.3.15

Bahasa

Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषाbhāṣā) adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh, dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik.
Perkiraan jumlah dari bahasa-bahasa di dunia beragam antara 6.000-7.000 bahasa. Namun, perkiraan tepatnya bergantung kepada suatu perubahan sembarang antara perbedaan bahasa, dan dialek. Bahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil, sebagai contohnya, dalam tulisan grafis, braille, atau siulan. Hal ini karena bahasa manusia adalah modalitas-independen. Bila digunakan sebagai konsep umum, "bahasa" bisa mengacu pada kemampuan kognitif untuk dapat belajar, dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membentuk sistem tersebut, atau sekumpulan pengucapan yang dapat dihasilkan dari aturan-aturan tersebut. Semua bahasa bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu. - Wikipedia

Secara sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas di dalam hati. Namun, lebih jauh bahasa bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Dalam studi sosiolinguistik, bahasa diartikan sebagai sebuah sistem lambang, berupa bunyi, bersifat arbitrer, produktif, dinamis, beragam dan manusiawi.
dan sebagainya...
Jadi intinya bahasa itu penting. Mengapa penting. Kebayang ga sih, kalau kita mau sesuatu tapi sulit menjelaskannya. Rasanya sesulit para wanita mengungkapkan perasaannya kepada lelaki yang ada di relung hati yan terdalam *curhat* Tapi bedanya kalau mengungkapkan perasaan sulit karena baper. Nah kalau ga bisa bahasanya. hmmmmm, repot banget. sampai ga bisa dijelaskan...
Nah, jaman sekarang banyak banget tuh orang tua, apalagi orang tua muda yang mengajarkan bahasa inggris pada anaknya sejak kecil. Bagus sih keren sih. Tapi miris banget kalau anaknya sampe tidak bisa berbahasa Indonesia. Nanti jadinya kaya gini nih.
   "Hei where did you come from?"
   "Indonesia!"
   "Waah sama dong. Tinggal dimana?"
   "What are you talking about?"
   "omo  -_-"

Ga banget kan guys? Bahasa Indonesia tuh bahasa ibu loh. Jadi cintai bahasa Indonesia ! Yeay!!
Kalau tidak dari sekarang kapan lagi. Bahasa Indonesia itu sulit. Cek aja berapa banyak awalan dalam Bahasa Indonesia seperti: 
men-
me-
menge-
ber-
be-
bel-
dan berbagai imbuhan dan peraturan (EYD).
Pantai Indah Madasari

So, cintai Bahasa Indonesia.
Gunakan Bahasa Indonesia.
Untuk Indonesia yang lebih baik.
dan mulai sekarang.. Gue bakal lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia dalam postingan gue.

Hastag : #DamnIloveIndonesia #Indonesiahebat

No comments:

Post a Comment