Recent Posts

16.7.15

12 Tips meninggalkan rumah #Eidmubarak

"Untuk apa mengomentari
 tanpa solusi,
Ini tips rumah aman dari pencuri
 yang beraksi"
 #CIAA - ini bukan pantun



Jadi, menyambung blog gue sebelumnya. Eid Mubarak 1436
Inidia 12 tips jitu meninggalkan rumah. tapi tetap aman dari maling. Tips ini hasil jerih payah gue berfikir dan berkhayal, sebagian berdasarkan pengalaman turun temurun tradisi keluarga. 
Semoga bermanfaat :)


simak

Hal yang paling mudah untuk membuat rumah aman adalah menggunakan teknologi. CCTV! Alarm! Sensor maling! Pager listrik! Pintu Baja! Jendela listrik! umm.. Jendela listrik itu....??
Tapi semua itu terlalu mahal dan terlalu imajinatif. Jendela listrik?

Jadi, ini adalah 12 tips meninggalkan rumah disaat liburan atau lebaran..

1. Pastikan rumah anda sudah terkunci dan tidak ada pihak luar (pembantu/satpam) yang masih memegang kunci rumah anda *kecuali telah ada perjanjian sebelumnya.

2.Tidak hanya pintu rumah. Tapi usahakan semua pintu terkunci, baik kamar, toilet, garasi maupun gudang. Ini untuk mengantisipasi pencuri yang telah masuk kedalam rumah.

3. Untuk mengelabuhi maling. Pastikan lampu luar (eksterior) anda menyala dimalam hari. Bisa menggunakan sensor otomatis atau terus saja dinyalakan.

4. Gunakan banyak perlindungan. Yaitu menyulitkan maling untuk masuk kedalam rumah. Seperti menutup jendela dan pintu dengan lemari/sofa/ furniture lainnya.

5. Simpan barang-barang yang rawan dicuri di tempat yang aman (Perhiasan/investasi berbentuk/surat-surat berharga/elektronik mewah)

6. Jadilah warga yang sederhana dan tidak sombong. Maksudnya adalah tidak perlu memperlihatkan apa yang dimiliki kepada tetangga, karena hal itu dapat mengundang pencuri. Lagian apa gunanya sih sombong? #EAA

7. Jadilah warga yang baik yang akur dan akrab dengan warga disekitar rumah. Jadi disaat genting mereka dapat membantu anda terutama dalam ikut mengawasi rumah anda.

8. Tetap, jadilah warga yang baik. Dengan demikian anda dapat menitipkan rumah anda kepada tetangga untuk menjaga rumah anda. Sehingga anda dapat pergi dengan lebih tenang.

9. Gunakan gembok lebih dari satu. Hal ini menyulitkan pencuri untuk masuk ke rumah anda. Kecuali dia pandai memanjat.

10. Gunakan jebakan-jebakan untuk mengantisipsi datangnya pencuri. Seperti paku di bawah jendela, sengatan listrik di gagang pintu dan lain sebagainya. Untuk ide lebih lanjut anda dapat menonton film Home Alone.

11. Mintalah satpam atau kerabat anda menengok rumah anda selagi anda pergi hal ini akan sangat membantu untuk mengatasi tindak kejahatan pencurian.

12. Yang terakhir adalah berdoa.



CHEERS!

#Eidmubarak


No comments:

Post a Comment