Recent Posts

25.7.15

Survei KKN! (KKN Part 2)

Hai.. Seperti janji gue waktu itu. Dulu sekali.
Untuk mereview dan menceritakan pengalama-pengalaman yang masih teringat di dalam pikiran dan siapa tau bia menginspirasi kalian para pembaca :)
Jelejah Desa Batukaras sambil survei KKN




Di postingan KKN part 2 ini. Gue mau menceritakan tentang pengalaman gue sebelum memulai KKN, yaitu SURVEI KKN. Dimana survei ini dilakukan untuk mencari tempat tinggal, SKSD (Sok Kenal Sok Deket) dengan para warga dan para petinggi desa. Kebetulan KKN gue di Batukaras dan gue benar-benar merasa beruntung karena Desa batukaras merupakan alah satu desa inceran banyak mahasiswa pecinta alam. Karena Batukaras terletak di pinggir pantai dengan banyak tempat wisata pantai yang gratis untuk dikunjungi tentunya. Oia, selain itu desa Batukaras merupakan desa yang memiliki banyak surfer dan terdapat banyak turis asing (bule) yang tentunya ke Batukaras untuk surfing. Kebayang ga gantengnya kaya apa? hee..
"Ga sia-sia gue menunggu depan laptop dengan wifi yang super kenceng untuk bersiap-siap ploting tempat KKN." (Siapa cepat dia dapat).

KKNM di Pantai Batukaras 2015

Tim survei KKN ada 4orang. yaitu saya, Frida (FISIP), Rio Gerhana (JEPANG), dan Cepi (HUKUM). Berangkat dari Bandung, sekitar pukul 2siang, setelah pengarahan dari dosen pembimbing lapangan. Dengan menggunakan mobil avanza yang di sewa di daerah Jatinangor, tentuya mobil sewaan termurah.  hm,sejujurnya, ga tau sewa dimana.
Perjalanan ditempuh kurang lebih selama 7 jam, istirahat di Banjar. tepatnya di Masjid.

Hingga akhirnya sampai di desa batukaras. Gelap. Sejauh mata memandang.. Hitam. Akhirnya kami pun memutuskan untuk beristirahat. Gue dan Frida tidur di mobil yang luar biasa panas dan banyak nyamuk. Sedangkan Cepi dan Rio (para pria gentleman) tidur di Masjid.

Paginya kami memutuskan menuju pantai terlebih dahulu sebelum melakukan survei,Work Hard Play Harder. Melihat matahari terbit dari atas tebing.
Pemandangan Matahari Terbit di atas tebing Pantai Batu Karas 

Siluet dari Matahari terbit di Pantai Batu Karas



Selfie-selfie bersama teman-teman sependeritaan survei. 
Frida (yang berkerudung), Cepii (yang dibelakang), Rio (yang di kanan) dan saya (yang itu)
Bersantai dan menikmati segarnya Es kelapa muda
Es Kelapa muda Rp 5.000 (saat itu)

Ok cukup. Lalu kami pun sadar akan tanggung jawab kami. Maka kami pun melanjutkan untuk mlaksanakan kewajiban kami, yaitu survei dan mencari tempat tinggal untuk KKN.


Setelah berputar-putar bertemulah kami dengan bapak kepala dusun Batukaras yang sangat ramah dan baik, dengan bahasa sunda yang sangat lemes. Sehingga terkadang saya tidak mengerti apa yang sebenarnya dia katakan. Untung ada cepi yang memang fasih berbahasa sunda. :)
Setelah berarga bincang. kami pun diberikan beberapa pilihan rumah, tentunya dengan harga yang berbeda, letak dan fasilitas yang berbeda pula. Setelah berpikir dengan sangat keras. Kami pun akhirnya memutuskan untuk menyewa dua rumah, Dari tiga rumah yang ditawarkan.

Rumah I. untuk mahasiswa

 Rumah dua untuk mahasiswi

Fasilitas dapur 
Fasilitas kamar mandi

Kamar 1
Sedikit cerita, kamar ini terletak dipaling depan dan kamar ini yang nantinya menjadi kamar gue bersama tiga room mate gue yaitu Frida si cabe rawit, Siva Tammara si cewe hits hukum, dan Tessa Matondang si anak organisasi :)

Kamar 2

Beres survei kami tim survey pergi lagi kepantai dan pulang ke bandung.

...


Gue juga buat video di youtube tentang perjalanan gue selama survei loh. Jelajah Batukaras . Tonton yah :)





No comments:

Post a Comment