Recent Posts

21.10.15

FERGIE dan SEMESTER 7 (Edisi Curhat)

Hai guys. Pengen nuliss. Tapi setiap tulisan yang gue tulis kebanyakan ga berbobot. HAHA *tertawa miris.

Ga kerasa setelah berabad-abad menjalani dunia perkuliahan, melewati jutaan tugas, quiz, ujian, pertemanan, perceraian  di kampus Universitas Padjadjaran tercinta yang terletak di jalan dipatiukur, dimana tempat makan dan solokan menjadi tetangga yang cukup akrab...  Finally!!! gue menginjak semester 7. Yeay!! dan di semester ini., gue mengambil 15 SKS, yang terdiri dari 4 mata kuliah saja. Yeay! Apa sajakah itu? seminar menejemen stratesh*t, menejemen kewish*tan, akutansh*t biaya, dan skripsh*t. Tunggu deh~ sejak kapan gue jadi ngomong kasar. (Entah sh*t itu kasar ato enggak, tapi maksud gue shut) Yauda biar ga ambigu, gue ulangi lagi. Apa ajakah itu? Seminar menejemen stratejik, menejemen kewirausahaan, akutansi biaya, dan skripsi.

Okey, karena judulnya Fergie dan Semester 7. Di postingan kali ini. For the first time in forever. Gue bakal menjabarkan, mendeskripsikan, dan menceritakan satu per satu mata kuliah yang gue ambil. Kali aja dari antara 1-2 orang yang baca postingan ini salah satunya adalah anak menejemen atau anak unpad atau apapun itu deh. yang mudah-mudahan bermanfaat dan memotivasi. Okey makin ga nyambung. Yu ah balik ke topik. Okeh! doakan gue yah. Semoga gue mampu menyelesaikan postingan ini menjelaskan secara lengkap dan tajam. Dan yang terpenting, semoga kalian mengerti maksud dari cerita gue ini. Okeh okeh gue mulai. Ganti paragraf dulu tapi. :) *enter enter*





Pertama. Seminar Manajemen Stratejik

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang ditakutin oleh mahasiswa semester akhir. Why? karena ada kanjeng ratu bernama Bu Waodeh tercinta yang mengatakan "Mahasiswa Menejemen layak menjadi manajer setelah melewati mata kuliah menejemen stratejik".
FYI: Bu Waodeh adalah Dosen dan Wakil dekan FEB Unpad yang cukup disegani dikelas dan disenangi diluar kelas. Kok bisa? Karena saat di dalam kelas dia termasuk dosen yang taat aturan. Bahkan lebih tegas dari aturan. Aturan jatah telat 15menit kalau sama dia telat 7 menit ga boleh absen. Whaaat~ Itu benar-benar terjadi gengs. No gosip gue. Benar-benar terjadi. Terjadi pada diri gue. Sh***t. Terus kalau ditanya. Kok ibu gitu sih? Ibu menjawab. Ibu ingin kamu sukses, nak. Okeh. Baiklah. Terima kasih bu. Absen saya bocor! Ga bisa UAS! Ngulang... Tapi kalau diluar kelas. Bu Waodeh ini merupakan salahs atu dosen yang care terhadap mahasiswanya. Dia mau meluangkan waktunya untuk mendengar keluhan mahasiswa dan membantu mahasiswa yang membutuhkan bantuan, terutama dalam hal prestasi kayak lomba-lomba dan sebagainya. Tiba-tiba gue bingung kenapa jadi bahas Bu waode. Padahal dosen mata kuliah Seminar Manajemen Stratejik gue namanya Umi Kaltum. Hmmmm
Oia,,, FYI lagi. Di mata kuliah ini gue menjadi ketua kelas loh. #FERGIELEGEK #FERGIESKAHA
Sebagai ketua kelas yang baik.. Gue....... melakukan segala cara untuk membuat teman-teman sekelas tidak merasakan kesulitan dalam menjalani perkuliahan dan sebia mungkin tidak ada misskom antara dosen dan mahasiswa. Apalagi kalau bahas deadline tugas. HAHA
berbicara tentang tugas. Kujubuset! Judul matakuliahnya aja Seminar Manajemen Stratejik. Ok kita bedah....
Seminar. Itu artinya kita sebagai mahasiswa menejemen yang nantinya dituntun menjadi menejer, Harus mampu membuat sebuah seminar dengan standar yang cukup tinggi. Walau dengan anggota sebanyak 3-4 orang. Nah disetiap seminar. ada tiga kelompok yang bakal kelelahan. Yaitu EOnya, Presenternya, Reviewernya, ok ga perlu dibahas jobdescnya yah. Lama lagi dan Gue sudah mulai bosen mengetik. kalau penasaran dan pengen tau, Yauda tanya om google. Nah sisa kelompoknya menjadi peserta seminar. Nah ini yang paling enak. Tinggal dateng, duduk, nonton, terus dikasih makan. Enggak sih snack doag, sejauh ini belum ada kelompok yang bermodal memberikan konsumsi makanan berat.
Yah itu lah SMS, semua makan sonice. ~~ Seminar Menejemen Stratejik.


Yeay, Masuk yang kedua
Seminar Kewirausahaan
Gue, Sebagai salah satu mahasiswa yang memilih dan memutuskan untuk mengambil konsentrasi kewirausahaan dari dua puluh mahasiswa lainnya. Merasa bangga! Why. Karena Seminar Kewirausahaan like..... #SWAG #YOLO karena kelasnya santai banget, guys. Dibandingkan dengan konsentrasi lainnya. What? Keuangan? Cape ngitung. Marketing? SDM? Cape mikirin teori dan istilah-istilah. Operasi? Pada akhirnya lu bakal lelah mencoba mengerti dan memecahkan permasalahan, atau lelah memenuhi kehendak ide-ide gila dari divis marketing. Wak waw. Jadi, yang dikerjakan kewirus apa? Kami yang melakukan perencanaan akan apa yang harus divisi-divisi lain lakuin. Masih ga ngerti? Singkatnya. Kewirus adalah BOS.
Jadi konsentrasi ini hanya memiliki dua prinsip selama perkuliahan. Inovasi dan Kreatifitas.


Ketiga. Akutansi Biaya.
Akutansi biaya adalah tipe akutansi menejemen dan akutansi keuangan. Jadi Akutansi ini, selain menghitung data yang lampau (keuangan). Dia juga menganalisa untuk keputusan dan memprediksikan maa depan *Wooo cenayang*  (menejemen). Intinya ini adalah salah satu mata kuliah yang sulit. Dan jika anda mendapatkan Dosen bernama Ibu Ratna Komara dengan tas rodanya. SELAMAT!

Sesungguhnya. Ini adalah sebuah kesalahan fatal. Seharusnya aku tak merasakan lagi pahitnya mata kuliah ini.
Jadi gini. IPK gue kan 3,56 berarti boleh dong gue berharap cum loude. Lalu setau gue dan ada yang ngasih tau gue, tapi gue ga tau siapa yang ngasih tau. Kalau mau cum loude IPK haru diata 3,51 dan Ga boleh ada matakuliah yang D. Nah, Sialnya mata kuliah Akutansi biaya yang gue ambil disemester 3 ini mendapat nilai D. Thanks Bu Ratkom. Jadi gue pun dengan berat hati mengambil mata kuliah ini. Nah, tepat H-1 sebelum UTS (baru kemaren banget UTS-nya) temen gue yang veteran (sama-sama angkatan 2012 dan mengulang) bilang kalau cum loude boleh ada D asal ga lebih dari dua. dan Akbi adalah satu-satunya nilai D yang gue punya. dan... Nah, ada gunanya kan gue nulis ini. Siapa tau kalian yang punya pergumulan atau permasalahan seperti gue. Tidak melakukan hal bodoh ini. Okeh Baiklah!

dan pas UTS kemaren. Gue bener-bener ga ngerti apapun. Secara. Gue kan ngulang. sebagai veteran yang baik. Gue harus jarang mauk kelas. seolah-olah banyak urusan lain diluar kampus dan lain sebagainya. jadi. masih di hari yang sama. di H-1 gue berinisiatif memanggil salah seorang mahasiswa junior angkatan 2014 yang menurut temen gue, dia sangat aktif dan pintar. Dia bernama Raka Raptor. Namanya keren. dan ternyata bener guys. Pinter banget. Semua rumus dan cara-cara sulit dapat diubah menjadi sangat mudah. Gue pun akhirnya dapat sedikit mengerti tentang akutansi biaya. Yay! dan saat UTS kemaren gue sangat amat pede. Harusnya sih nilainya bagus. Tapi yauda sih. ga mau berharap terlalu tinggi. Takut sakit jatuhnya. sesakit kalau di phpin. di main perasaanya. Ok gue curhat. Oia, kan memang lagi curhat. So. I want to say much much much Thank Raka Raptor!

dan  yang terakhir.... Uh wow! SKRIPSI!!

Yeay. OMG!!! Gila. Asa kemaren baru bikin paus id. Sekarang uda skripsi aja. Ciyeeee!
Dan gue berjanji akan memposting hasil skripsi gue. secara keseluruhan (ga cuma abstraknya doang). Kalau uda kelar.
Nah. Berhubung gue anak konsentrasi kewirausahaan. Gue membuat Skripsi tentang perencanaan bisnis. Gue dapet dosen pembimbing Pak Asep Mulyana dan Pak Erman. Siapakah mereka? Mereka dosen. Ok! Baiklah!
Nah. Para pembaca yang budiman. Doakan gue supaya skripsi ini lancar hingga sidang. Dosen dan birokrasi dapat bekerja sama dengan baik. Dan yang terpenting. Doakan diri gue selalu mendapatkan ilham untuk menyelesaikan Skripsi. Amin!!!


Ok guys. Luar biasa. Akhirnya gue menyelesaikan deskripsi semester tujuh ini. Gue bangga. Walaupun agak keluar dari benang merah beberapa kali. Tapi gapapa yah. Kan "Normal is Boring" #QOTD #Qouteoftheday yang gue ambil dari gambar baju yang gue liat di instagram. Saking bagusnya, sampe gue screenschoot terus dijadiin home picture di account line gue. Entah apa korelasi gue ceritain itu disini. Tapi gapapa. Semoga menginspirasi kalian untuk menganti home picture kalian yang gitu-gitu aja. Sekali lagi yah gue ingetin. Normal is boring guys.


Untuk kalian yang baca postingan ini sampai akhir. Makasih yah! Love you! Apresiasi.
kalau kalian merupakan anak FEB UNPAD. Let me know you. Gue stay di RKM (Ruang Kerja Mahasiswa) setiap hari rabu jam 9.30 -12.00 dan hari kamis jam12.00-14.30. Ngapain gue disana? Jaga RKM bos #SEKABMERANA

Ok sekian postingan gue. Lumayan panjang yah! Bangga. Next gue bakal posting yang lebih panjang. Kok gitu? Kan kamu sukanya yang panjang-panjang.



See you and Goodluck~!

No comments:

Post a Comment